RAPTOR Part 3 - Menu Makanan


Halo Readers~

Kali ini saya akan membahas cara membuat sebuah algoritma dimana user akan memesan makanan lalu akan keluar output total biaya dan potongan harga serta mendapat voucher jika pembelian diatas jumlah tertentu.

Langsung saja,
Pertama kita buat dulu Tampilan awal menu, seperti ini sudah cukup



Setelah itu kita buat user memasukan kode jenis makanan dan jumlah makanan yang akan di pesan dengan menggunakan model percabangan / selection

Lalu kita akan membuat user ingin memesan makanan kembali atau tidak. Disini kita akan pakai Loop . 
  • Jika user ingin memesan kembali maka akan kembali ke menu awal dan user akan menginputkan kode dan jumlah makanan yang di pesan kembali. 
  • Dan jika tidak, user akan di teruskan ke total biaya dan diskon (jika ada) serta voucher (jika ada).

Loop di pasang sebelum kita memilih kode jenis makanan.

Setelah itu kita akan buat pernyataan user akan mengulang memesan dengan ya sebagai "y" dan tidak sebagai "n". Di sini kita akan membuat untuk mengulang memesan dengan mengubah kata "y" menjadi Boolean bernilai false dan membuat selection dari loop menjadi true,  sehingga user akan mengulang menu sampai jawabannya "n" atau tidak.



Setelah user yakin dengan pilihan menu dan tidak ingin mengulang, maka langkah berikutnya kita akan memberikan potongan harga sekian persen untuk pembelian atas jumlah tertentu seperti ini :


Kita juga bisa menambahkan sistem kelipatan. Disini saya membuat user akan mendapatkan voucher sebesar Rp 5000 setiap pembelian kelipatan Rp 50.000.



Segitu dulu pembahasan dari saya, Jangan lupa di follow yaa untuk update selanjutnya

Thx for Read~

baca lagi :
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar dan saran anda.


Materi Kuliah

[Materi Kuliah][grids]